Ariel, Luna, dan Berita

>> Friday, December 31, 2010

Lagi-lagi kisah baru berkaitan dengan Ariel dan Luna, pasangan seleb yang katanya memiliki video asusila. Sudah ratusan berita mengenai mereka dalam beberapa bulan terakhir. Inilah yang mungkin membuat OkeZone kehabisan kata-kata dan kehabisan sudut pandang.


Lihat saja di berita berikut:

“Tersangkut kasus video porno tak membuat Ariel dan Luna Maya sepi peminat. Buktinya, produser Maxima Pictures, Ody Mulya Hidayat tertarik menyatukan pasangan kekasih itu dalam sebuah film.

"Saya tertarik juga mengajak Luna Maya dalam film saya. Malahan kalau bisa saya ajak Ariel main, akan saya ajak Ariel. Pasti itu akan lebih bagus lagi kalau mereka akting berdua," ujar Ody saat berbincang dengan Okezone via telepon, Kamis (30/12/2010).

Ody menuturkan, ide mengajak Ariel dan Luna bermula saat dirinya hendak menggandeng Olla Ramlan dalam film produksinya. Setelah melalui diskusi panjang, ternyata banyak yang menyambut positif rencana itu.

"Saya kemarin sempat ngobrol tentang tawaran ke Luna sama Olla Ramlan . Kebetulan Olla juga rencananya saya ajak dalam film drama. Saya memang sedang merencanakan hal itu. Apalagi tanggapan orang-orang juga baik," paparnya.

Namun, Ody belum bisa memastikan jenis film apa yang akan dimainkan Ariel dan Luna. Pasalnya, dia masih harus melihat cerita dan skenario yang cocok untuk pasangan yang saat ini dipisahkan teralis besi itu.

"Kalau Olla saya ajak di film drama. Nanti kalau Luna masih akan kita lihat lagi. Apakah cocoknya film drama juga atau film thriller," tandasnya.”

Kalau dicermati, berita ini sangat tidak enak dibaca. Bukan merujuk pada isi tapi pada penulisannya. Di paragraph pertama, ditulis penjelasan bahwa Ody akan mengajak Ariel dan Luna main film. Lalu dipertegas dengan kutipan langsung di paragraf kedua. Ini masih normal.

Tapi di paragraph ketiga dan seterusnya, ditulis dengan model yang sama. Sayangnya penjelasan dan kutipan langsung mengandung informasi sama dan terasa berulang-ulang. Kejadian ini bukan hanya terjadi dalam berita di atas. Ada berita-berita lain yang ditampilkan di Yahoo mengalami kasus sama. Kutipan langsung masih dijelaskan kembali.

Padahal, kutipan langsung hanya perlu dijelaskan jika kalimat yang digunakan sulit. Sebaliknya jika ingin menggunakan penjelasan, kutipan langsung dapat dihilangkan saja kecuali sangat penting melihat pernyataan dari narasumber.

Akhirnya kesan yang timbul saat membaca berita itu adalah keinginan mencukupkan jumlah kata. Pokoknya jangan sampai berita kelihatan pendek. Namun kenyaman pembaca yang jadi korban.

Jika berita tadi diedit, hasilnya kurang lebih seperti ini:

“Tersangkut kasus video porno tak membuat Ariel dan Luna Maya sepi peminat. Buktinya, produser Maxima Pictures, Ody Mulya Hidayat tertarik menyatukan pasangan kekasih itu dalam sebuah film.

"Saya tertarik mengajak Luna Maya dalam film saya. Malahan kalau bisa saya ajak Ariel main, akan saya ajak Ariel. Pasti itu akan lebih bagus lagi kalau mereka akting berdua," ujar Ody saat berbincang dengan Okezone via telepon, Kamis (30/12/2010).

Ody menuturkan, ide mengajak Ariel dan Luna bermula saat dirinya hendak menggandeng Olla Ramlan dalam film produksinya. Setelah melalui diskusi panjang, ternyata banyak yang menyambut positif rencana itu.

Namun, Ody belum bisa memastikan jenis film apa yang akan dimainkan Ariel dan Luna.
"Kalau Olla saya ajak di film drama. Nanti kalau Luna masih akan kita lihat lagi. Apakah cocoknya film drama juga atau film thriller," tandasnya.”

2 comments:

Dwi Wahyudi January 31, 2011 at 8:42 PM  

Ya bagusnya mereka berdua main di film porno aja, ngga perlu seleksi lagi udah mantap gayanya. Heran juga waktu kemarin lihat berita di televisi, cewek-cewek pada mendukung Ariel ketika dijatuhi hukuman vonis penjara. Mana ada beberapa diantaranya yang berkerudung lagi, kok pendek banget pikirannya ya? Ngefans sih ngefans, cuma kalau sudah kaitannya dengan akhlak ya tidak ada kompromi. Yang namanya zina adalah maksiat, jangan malah diberi dukungan seperti itu. Bingung jadi menilainya seperti apa...

Yauma Yulida H. March 4, 2011 at 8:21 PM  

Haha...emang gitu mas..kadang kita liat dari sisi in, eh orang liat dari sisi lain yang mereka anggap bener...

:)

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP