EKSPEDISI KECIL ANGGOTA MUDA XXII MAPALA UNTAN

>> Sunday, February 24, 2008


Sebuah ekspedisi kecil diadakan oleh Organisasi Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Untan pada tanggal 23-24 Februari lalu. Lokasi yang dipilih adalah kawasan wisata alam Gunung Poteng, Kec. Singkawang Timur.
Tujuan diadakannya ekspedisi ini tak lain sebagai salah satu syarat pengangkatan status anggota dari calon anggota menjadi anggota muda. Tim ekspedisi kali ini terdiri dari 4 orang yaitu Erisman (FMIPA), Hatifah (FKIP), M. Chumaidi (FMIPA), dan Restu M. (FKIP).

“Sebelumnya kami harus mengikuti pradiksar dan diksar”, ujar Hatifah selaku ketua tim ekspedisi. Hatifah menambahkan, ada beberapa perlengkapan wajib dalam ekspedisi ini. Selain perlengkapan pibadi dan logistik, kompas, altimeter, dan peta juga tak kalah pentingnya. Alat-alat penunjuk arah tersebut sangat berguna dalam resection atau penentuan letak tepatnya suatu objek dalam peta.

Menurut M. Chumaidi yang akrab dipanggil Deden, meskipun kawasan wisata, medan yang dilalui relatif berat. “Kesulitannya terletak dari kecuraman medan. Semakin dekat dengan puncak gunung, kemiringan bisa mencapai 600”, jelasnya.

Dalam pendakian, anggota tim banyak mengandalkan bantuan akar-akar pohon. Meskipun demikian, akar pohon tersebut juga licin karena ditumbuhi lumut. Namun kendala-kendala tersebut tak menyurutkan semangat para pendaki. “Kami malah makin tertantang untuk bisa sampai di puncak”, ungkap Hatifah.

Setelah kurang lebih 4 jam, akhirnya sampailah tim di puncak Gunung Poteng. Di sana dilakukan prosesi pengangkatan tim ekspedisi ini menjadi anggota muda angkatan XXII Mapala Untan.

Selama perjalanan banyak hal-hal menarik yang ditemui tim ekspedisi. Misalnya spesies flora langka yaitu Raflesia Tuanmudae. Sayangnya bunga ini baru akan mekar 2 hari mendatang. “Yah, kami agak kecewa karena tidak bisa melihat bunga itu mekar. Kami juga tidak bisa menunggu karena bahan logistik kami terbatas”, sesal Restu.
“Selain itu, kami juga berkesempatan menyaksikan flora, fauna, dan pemandangan yang luar biasa di daerah sekitar Gunung Poteng. Semua itu memberikan pengalaman tak terlupakan bagi kami”, kata Hatifah sambil tersenyum simpul.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP