Blog, Surga Penulis

>> Friday, March 20, 2009

Black In News,


Menurut State of the Blogosphere yang dimuat di Script Intermedia, jumlah blog di Internet telah mencapai 27 juta. Jumlah ini menunjukkan peningkatan sebesar 8 juta dibandingkan Oktober 2005. Technorati.com menyatakan sekitar 75.000 blog baru muncul setiap hari. Artinya, tiap sekitar satu detik tercipta satu blog baru. Untuk posting atau menambah data di blog mereka, para blogger bisa memasukkan 50.000 entri baru perhari. Jika dihitung seluruhnya 1,2 juta entri.

Jadi, jumlah blog secara keseluruhan berlipat dua setiap lima setengah bulan. 60 kali lebih besar ketimbang tiga tahun silam.

Di Indonesia, jumlah blog mencapai satu juta. Peningkatannya sekitar 100 persen tiap tahun.

Luar biasa!

Jika jumlah blog mengalami peningkatan begitu signifikan, berarti sudah ada perubahan di Indonesia. Manusia Indonesia tak lama berkutat pada kebiasaan dan budaya lama, yaitu budaya lisan. Angka itu menunjukkan sekarang kita sudah beralih ke budaya tulisan. Terlepas dari segi kualitas.

Meskipun sebagian kecil blog hanya berisi iklan, di luar itu, blog digunakan sebagai wadah berbagi pemikiran. Blog kemudian menjadi sekolah menulis paling murah dan mudah dijangkau. Dengan memiliki blog, penulis mendapat pembaca. Sebab berada di dunia maya, akses terbuka bagi masyarakat global. Jumlah pembaca kemudian menjadi motivasi bagi penulis.

Tidak hanya itu, penulis dapat mengunjungi blog lain dalam rangka bersosialisasi dan belajar. Akses informasi dan ide menulis semakin mudah didapat. Umpan balik dari pembaca pun bisa langsung diterima. Sebagai koreksi maupun persetujuan.

Melihat semua aspek tersebut, menulis di blog menjadi kegiatan paling mencerdaskan.

2 comments:

Jeng Sri March 21, 2009 at 2:21 PM  

Seneng ya bisa ada kesempatan tulas tulis bebas secara gratis hehehe... kalo dulu kan kita cuma bisa nulisnya di buku diary aja, makanya sekarang banyak orang yg memanfaatkan kesempatan ini.

Yauma Yulida H. March 22, 2009 at 4:55 AM  

Iya Mbak, blog membuat jarak semakin tak berarti, bahkan kita yg lain negara bisa keep in touch. Mungkin jika dalam kehidupan sebenarnya, saya nggak akan bisa ketemu orang keren kayak Mbak..hehe

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP