Perjalanan Mencari Energi Alternatif (2-selesai)

>> Wednesday, March 18, 2009

Black In News,

Bumi disebut Planet Biru. Sebab 71% permukaan Bumi adalah perairan. Jenisnya antara lain samudera, laut, selat, danau, sungai, dan lain-lain.

Selama ini manusia lebih banyak menggantungkan hidup pada daratan karena sumber daya alam daratan lebih mudah dieksplorasi. Tapi ketika sumber daya semakin menipis, tak heran jika manusia melirik ke wilayah”basah”.

Sebenarnya kebiasaan ini sudah dimulai sejak ratusan tahun. Misalnya, Pulau Jawa yang memanfaatkan air terjun sebagai tenaga listrik. Atau sebagian penduduk di Kalimantan dan Singapura memilih tinggal terapung di atas air. Ini terjadi karena daratan yang terlalu sempit atau sehari-hari mereka tergantung pada air dari segi penghasilan dan kebutuhan pokok.

Sekarang ketika dunia sedang mengalami krisis energi, penelitian diarahkan ke wilayah perairan terutama laut. Pertama-tama Jepang memproduksi mobil bertenaga air. Indonesia juga geger dengan penemuan motor, kompor, dan bus berbahan bakar air oleh Pak Boy di Palu. Namun penemuan-penemuan tersebut belum diminati banyak pihak. Bahan bakar minyak masih menjadi primadona.

Penemuan lain adalah Banyugeni. Ditulis di Inilah.com, para peneliti menggunakan air laut sebagai bahan utama. Jenis-jenis Banyugeni juga bervariasi dan menyerupai bahan bakar minyak. Yaitu, hidro-kerosene (setara minyak tanah), hidro-diesel (setara solar), hidro-premium (setara bensin), dan hidro-avtur (setara bahan bakar jet). Kandungan unsur dan sifat bahan bakar minyak yang sudah diolah pada Banyugeni memungkinkannya langsung digunakan pada mesin tanpa terlebih dahulu mengubah atau memodifikasi komponen.

Produk-produk itu telah diuji di PT CoreLab Indonesia, sebuah laboratorium internasional yang independen. Hasilnya menunjukkan keempat varian Banyugeni telah memenuhi standar Dirjen Migas.

Hanya saja Banyugeni belum diproduksi secara masal karena masih dalam tahap penyempurnaan.*foto: science.howstuffworks.com

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP