Mencari Teman Se-"Nasib"

>> Monday, March 16, 2009


Komunitas dan komunikasi adalah sifat dasar manusia.

Nampaknya ini menjadi peluang yang mampu ditangkap pihak Djarum dengan bendera Djarum Black. Lihat saja berbagai kegiatannya. Semua menyatukan para anggota dalam suatu komunitas sesuai hobi mereka. Langkah ini dipuji situs buku Crowd, karangan Yuswohady. Ia bahkan menempatkan Djarum menjadi Champion atau juara satu di situs tersebut. Mungkin karena marketing Djarum sesuai dengan moto buku tersebut yaitu "Your Costumers are Salesmen".

"Djarum Black adalah salah satu contoh brand yang pelan tapi pasti berhasil merubah diri dari zero to hero dengan cara membangun dan mengembangkan komunitas pelanggan....Fungsi utama Djarum Black dalam memasilitasi komunitas itu adalah memberi wadah bagi mereka untuk tampil dan mengekspresikan hobinya memodifikasi kendaraan."(Crowd)

Yang hobi mengutak-atik mobil bisa bergabung dalam Black Car Community. Begitu pula para pencinta motor dapat bergabung dalam Black Motor Community.

Djarum juga menyediakan berbagai akses informasi sesuai dengan hobi mereka. Pertama, melalui event. Djarum Black tak segan menggelar kegiatan seperti Autoblackthrough goes to campus. Dalam kegiatan ini, para anggota ditantang kreativitasnya memodifikasi mobil dan motor mereka. Masih ada event Djarum yang serupa yaitu Djarum Black Motodify.

Kedua, para anggota komunitas tinggal membaca blog Djarum Autoblackthrough. Semua informasi terbaru dari mancanegara ada di sana. Tentunya tentang automotif.

Tak cukup? Djarum masih menyediakan ajang mengasah adrenalin, yaitu Djarum Black Night Slalom. Yang terbaru, Djarum Black Night Slalom diselenggarakan di Solo pada 28 Februari 2009. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan tujuh seri di tujuh kota berbeda di Pulau Jawa dan Bali.

Dengan bergabung dalam ajang yang sama, tiap anggota merasa bisa berbagi dengan orang yang benar-benar mengerti kesukaan mereka. Istilahnya, punya teman untuk “seru-seruan”.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP