Merunut Jalan Djarum Menuju Sukses

>> Monday, March 16, 2009


Kesuksesan hanya datang dari inovasi, keyakinan, dan kerja keras yang tiada henti."
Itulah kunci sukses PT Djarum. Jurus pamungkas yang membawa dua Hartono bersaudara sebagai pemilik PT Djarum, menempati posisi ke-430 sebagai orang terkaya versi Forbes. Juga menobatkan perusahaan ini sebagai produsen rokok terbesar ketiga setelah Gudang Garam dan HM Sampoerna

PT Djarum memiliki kisah panjang untuk menuju puncak.

Berawal dari sebuah perusahaan swasta yang dirintis Oei Wie Gwan pada tahun 1951. Merk rokoknya Djarum adalah Djarum Gramofon. Arti harafiahnya, jarum gramofon—pemutar musik zaman dahulu. Dari sini, perusahaan Djarum terus berkembang dengan berbagai perubahan. Mulai dari pemendekan nama menjadi “Djarum” saja sampai sebuah tragedi kebakaran menimpa perusahaan ini tahun 1963 diikuti wafatnya sang pendiri, Oei Wie Gwan.

Djarum nyaris runtuh. Meski demikian, kedua putra mendiang, mengambil alih pengurusan perusahaan. Mereka adalah Bambang dan Budi Hartono. Merka melakukan berbagai upaya memajukan PT Djarum. Salah satunya dengan penelitian pada tahun 1970 untuk pencampuran rokok kretek baru. Kemudian mereka mulai melihat peluang ekspor pada tahun 1972. Puncaknya pada tahun 1976, PT Djarum berhasil menciptakan rokok filter pertama sekaligus memproduksi jenis rokok dengan brand baru, Djarum Super.

Langkah Djarum tidak berhenti sampai disitu. Umur Djarum berlanjut puluhan tahun. Hingga saat ini, PT Djarum mampu mempekerjakan 75.000 orang karyawan. Perusahaan ini juga tak pernah berhenti berkreasi. Sekitar tahun 2001, Djarum memvariasikan campuran baru.

Hasilnya? Djarum Black!

Djarum Black dikatakan unik sebab dia memiliki aroma dan rasa yang unik. Terbagi menjadi Djarum Black Tea dan Djarum Black Cappucino. Produk baru ini diterima baik di pasaran. Tidak cukup sampai disitu. Meski baru, Djarum Black telah mejadi brand Internasional, berbarengan dengan Djarum Super yang lebih tua 33 tahun.*referensi utama Wikipedia.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP