Telat Baca

>> Monday, March 16, 2009


Blog mulai menjadi komoditi yang marak diperlombakan dewasa ini. Tujuan, persyaratan, dan hadiahnya bermacam-macam. Mulai dari domain gratis, voucher PayPal, sampai hadiah jutaan rupiah.

Djarum Black rupanya tak mau ketinggalan. Menyusul berbagai lomba dan kegiatan lainnya seperti Djarum Blackinnovationawards, Djarum Black Motodify, sampai Djarum Black Slimznation. Hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan, 1 Mini Notebook, 2 Blackberry Curve, dan 10 voucher senilai Rp 200 ribu.

Sebenarnya sayembara ini sudah digaungkan sejak tanggal Desember 2008. Malang, saya baru membacanya pertengahan Maret. Padahal di syaratnya, artikel yang dimuat di blog dengan kata kunci tertentu harus lebih dari 20 buah. Berarti saya harus ‘ngebut’ menulis.

Lucunya waktu pertama saya melihat ada lomba ini, saya langsung semangat daftar. Sampai-sampai saya tak melihat apa hadiahnya. Jarang-jarang saya begini. Alasannya, saya seudah sering melihat Djarum mengadakan kegiatan. Bukan hanya yang di bidang-bidang teknologi dan life style, tapi yang saya ingat juga beasiswanya.

Kegiatan-kegiatan Djarum makin mengemuka setelah menelurkan Djarum Blackinnovationawards. Lalu dilajutkan dengan gawe-gawe yang berhubungan dengan hobi terutama kaum Adam (namun bukan berarti tidak ada perempuan yang berpartisipasi). Contohnya Djarum Black Night Slalom, Black Car Community, dan sebagainya.

Kegiatan Djarum Black memang inovatif dan memiliki segmentasi tersendiri. Meskipun berupa rangkaian promosi dan branding, beberapa kegiatan tertentu berdampak positif bagi masyarakat luas. Misalnya Djarum Black Slimznation, yang ikut meramaikan dunia pariwisata di Indonesia. Tapi memang tetap bergulat di segmen life style.

Agak rancu, saat saya mengecek daftar peserta, saya agak bingung. Mengapa blog Djarum juga terdaftar. Agak aneh menurut saya. Awalnya saya kira, ada peserta yang menyiapkan blog tersendiri untuk lomba ini. Termasuk menyiapkan nama yang mirip-mirip dengan blog Djarum. Ini biasa sebagai bagian dari strategi. Namun saat saya buka blognya, saya langsung tersambung dengan blog Djarum Black. Sampai di sini saya tidak punya argumentasi lanjutan. Semoga saya salah paham.*foto: dari sumber umum.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP